Pemkab Tangerang Akan Menerapkan Sistem E-Reporting Kegiatan

PEMERINTAH Kabupaten Tangerang akan segera menerapkan e-reporting untuk seluruh kegiatan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dan pemerintah di tingkat kecamatan di Kabupaten Tangerang. Untuk itu, petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat memberikan sosialisasi dari penerapan sistem e-reporting tersebut.

“Sosialisasi kerangka penerapan e-reporting yang akan segera dilakukan oleh Pemkab Tangerang,”ujar Kasubag Data, Dishubkominfo Kabupaten Tangerang, Bangbang Ismail

di ruang rapat Bola Sundul, Gedung Usaha Daerah (GUD) Kabupaten Tangerang pada Senin, 30 November 2015 kemarin.

Bangbang Ismail menjelaskan, sistem E-Reporting merupakan laporan realisasi APBD dari setiap SKPD dan kecamatan, yang ditampilkan dalam suatu portal atau situs web, sehingga bisa diakses oleh seluruh masyarakat. E-reporting sendiri  menggunakan data dan laporan dari BPKAD dan SKPD terkait.


“E-reporting sistem ini di tampilkan per tiap SKPD, dengan tujuan agar pimpinan bisa mengetahui dan memantau langsung pekerjaan fisik, dengan tetap mengedepankan keterbukaan informasi publik,” tutur Bangbang.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja, mengatakan, sistem E-Reporting dibangun dan dibuat untuk menjawab keterbukaan informasi publik yang saat ini menuntut setiap instansi pemerintahan untuk melakukan transparansi kapada masyarakat. 

Sistem ini juga dijadikan acuan bagi kepala daerah dalam, dalam memantau dan memeriksa langsung kinerja setiap dinas dan instansi yang ada dilingkungannya. 

Tak hanya itu, e-reporting sistem juga dijadikan rujukan untuk efektivitas dan akurasi data atau informasi, dalam pengambilan keputusan pimpinan. E-reporting merupakan integrasi beberapa sistem yang telah dibangun sebelumnya.

“Sosialisasi input e-reporting sistem ini sangat di perlukan dalam rangka keterbukaan informasi publik. Jadi sekarang masyarakat luas ingin melihat recana dan anggaran serta presentasi anggaran, dan kita berhak memberikan informasi tersebut secara transparan,” ujar Soma.